Jumat, 13 Mei 2011

TEKWAN

Long weekend......ngapain ya, rasanya males banget setelah seminggu lembur, pingin makan yang seger-seger tapi syarat akan protein. Ada tengiri, telor, so'on..........so cukup deh bahan dasar buat bikin tekwan.

Bahan-bahan :
2 ekor ikan tengiri yang udah difilet

1 butir telur ayam (diambil putihnya aja)
tepung kanji
Udang (kalau ada)
jamur kuping, direndam air panas 15 menit
So'un direndam air hangat 15 menit, lalu tiriskan
minyak utk menumis
Bengkoang iris tipis agak memanjang (kurang lebih 3 cm)
daun bawang
4 siung bawang putih yang dihaluskan merica bubuk bunga sedap malam garam secukupnya
bawang goreng
Cara membuatnya :
1. Ikan tengiri yang sudah difilet kita ambil dagingnya (sisihkan dari tulang dan kulitnya, durinya...........tentu saja dibuang) untuk lebih mudahnya bisa dengan sendok, campur dengan bumbu (bawang putih dan garam yang sudah dihaluskan) diuleni, kemudian masukkan tepung ke dalam ikan dengan perbandingan komposisi ikan : tepung = 2,5:1 . tambahkan putih telur lalu diuleni lagi yang terakhir kita tambahkan sedikit air dingin, diuleni sampai kalis, buat bola-bola , lalu masukkan kedalam air mendidih sampai bola-bola ikan mengapung, lalu tiriskan. Airnya bisa kita gunakan untuk kuahnya, masukkan kulit ikan yang tersisa, masak lagi hingga mendidih.

2. Sementara itu cuci jamur kuping sampai bersih lalu rendam dalam air panas kurang lebih 15 menit dan potong-potong sesuai selera, sisihkan
3. Tumis bawang putih hingga harum, merica bubuk sesuai selera, masukkan juga udang (kalau ada),lalu bengkoang, masak sampai matang, tuang ke dalam kuah yang sudah kita siapkan sebelumnya, kemudian kita tambahkan sedap malam, daun bawang, dan bola-bola ikan dan terakhir garam.

4. Atur jamur kuping, soun, lalu tuangkan kuah bersama bola-bola ikan, taburkan bawang goreng.................hidangan siap disantap YUMMY

Tidak ada komentar: